Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Semarakkan Ramadhan, Dompet Dhuafa Ajak 30 Anak Yatim Belanja di Supermal Karawaci

Kompas.com - 31/03/2023, 18:56 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Supermal Karawaci, Tangerang menggelar program "Belanja Bareng Yatim", Kamis (30/3/2023). Acara ini ditujukan untuk 30 anak yatim di bawah naungan Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa.

Belanja Bareng Yatim merupakan program yang didedikasikan untuk membantu anak-anak yatim. Dengan nominal tertentu, mereka akan diajak belanja barang-barang kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan Lebaran di Matahari Department Store.

Setelah puas berbelanja, anak-anak yatim akan diajak berbuka puasa bersama dan menikmati wahana Timezone di Supermal Karawaci.

Direktur Resource and Mobilization Dompet Dhuafa Etika Setiawanti menerangkan, Belanja Bareng Yatim adalah program berkelanjutan yang mengusung konsep pemberdayaan "From Mustahik Move to Muzaki".

Baca juga: Lanjutkan Misi Kemanusiaan, Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan Paket Makanan untuk Korban Gempa Suriah

Dompet Dhuafa, sebut dia, akan memfasilitasi para penerima manfaatnya untuk bisa mandiri dan memiliki nilai agar bisa bermanfaat di lingkungan sekitar mereka.

Belanja bareng yatim ini salah satu program unggulan di Ramadhan. Kami mengajak anak-anak yang kurang beruntung untuk merasakan kebahagiaan berupa belanja kebutuhan dasar, atau persiapan Lebaran," tutur Etika, dikutip dari keterangan persnya, Kamis.

"Ini bukanlah program sesaat. Dompet Dhuafa memiliki program lain, yakni 'Yatim Mandiri' dan 'Yatimpreneur'. Kami memang misinya adalah bagaimana membuat mereka mandiri,” imbuhnya.

Direktur PT Supermal Karawaci Eddy Halim Selaku mengaku senang bahwa kerja sama dengan Dompet Dhuafa bisa melahirkan program Belanja Bareng Yatim.

Baca juga: Ajarkan Zakat hingga Wakaf, Dompet Dhuafa Kirimkan 24 Dai Ambassador ke Berbagai Negara

"Pada kesempatan kali ini Supermal Karawaci kembali berjodoh dengan Dompet Dhuafa menyambung tahun sebelumnya untuk berbagi kebahagiaan selama Ramadhan untuk adik-adik yatim. Kami menggaungkan kepada customer dan member kami untuk peduli dan memeriahkan keberkahan Ramadhan," ungkap Eddy.

Sementara itu, Direktur Layanan Dakwah, Sosial dan Lingkungan Ustaz Ahmad Shonhaji menuturkan, memuliakan anak yatim merupakan salah satu contoh yang diajarkan Rasulullah SAW.

"Ramadhan adalah bulan penuh berkah, semua orang ingin berbuat kebaikan bersama, dan itu adalah berbagi," tuturnya.

Ia melanjutkan, berbagi merupakan salah satu cara terbaik untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Kaum duafa menjadi salah satu "sasaran" tepat untuk berbagi kebaikan.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Gelar Gathering Warrior of Kindness

“Kalau hari ini kita di Supermal Karawaci adalah bagian dari memuliakan anak yatim,” ungkap Ustaz Ahmad.

Program Belanja Bareng Yatim yang merupakan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Supermal Karawaci, Tangerang.DOK. Dompet Dhuafa Program Belanja Bareng Yatim yang merupakan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Supermal Karawaci, Tangerang.

Diramaikan kalangan influencer

Sebagai informasi, Belanja Bareng Yatim turut dimeriahkan deretan influencer, mulai dari Alifhia Fitri, Reza Surya Putra, dan Satya Salsabila. Para penggiat media sosial (medsos) ini menemani anak-anak yatim untuk berbelanja.

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan dari Angklung Education. Melalui penampilannya, Angklung Education mengajak peserta, panitia, juga jajaran direksi untuk memainkan dan membawakan beberapa lagu.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com