Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Lapas Banda Aceh, Wamenkumham Resmikan “Barber Shop”

Kompas.com - 27/02/2023, 19:17 WIB
Irfan Kamil,
Icha Rastika

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banda Aceh dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh, Senin (27/2/2023).

Di Lapas Kelas II A Banda Aceh, Guru Besar Ilmu Hukum Pidana Universitas Gajah Mada (UGM) itu mengelilingi 4 blok yang terdiri dari 54 kamar warga binaan pemasyarakatan.

Assalamualaikum,” kata Wamenkumham kepada ratusan warga binaan yang berdiri di depan kamarnya masing-masing.

Baca juga: Wamenkumham: Baik Buruk Perilaku Terpidana Hukuman Mati Tak Hanya Dinilai Petugas Lapas

Sambil berjalan mengelilingi Lapas, Eddy Hiariej juga mengecek sejumlah fasilitas, seperti dapur umum, budi daya ikan air tawar, tempat produksi kue, dan gedung bimbingan kerja.

Bahkan, Wamenkumham sempat meresmikan "barber shop" bernama Keyna Labanda yang berada di dalam Lapas tersebut.

Setelah menengok setiap sudut lapas, Eddy Hiariej mengakui over kapasitas di Lapas Aceh masih terjadi. Namun, keadaannya sudah lebih baik.

"Kalau over kapasitas, semua memang over kapasitas ya, tetapi di Lapas Kelas II A Banda Aceh ini sudah berkurang," kata Wamenkumham.

Menurut Wamenkumham, penuhnya lapas di Tanah Air tak lepas dari putusan pengadilan yang kerap menjatuhi pidana penjara kepada mereka yang bersalah. 

"Hakim main hukum kan tak mau tau lapas penuh atau tidak," ujar Eddy.

Dalam kunjungan itu, ia juga menyambangi LPKA Kelas II Banda Aceh yang lokasinya sekitar 500 meter dari Lapas Kelas II Banda Aceh dengan berjalan kaki.

Baca juga: Wamenkumham Sebut Moeldoko Akan Ikut Sosialisasikan KUHP

Kedatangan Eddy Hiariej disambut anak-anak binaan dengan selawat nabi dan yel-yel anak-anak binaan LPKA Kelas II Banda Aceh.

Dalam kunjungannya, Wamenkumham didampingi Kepala Biro (Kabiro) Humas Kemenkumham dan Pelaksana Tugas Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumhan serta pejabat terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com