Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Serahkan Bantuan Dana Siap Pakai dan Sembako Rp 1 Miliar untuk Gempa Jayapura Papua

Kompas.com - 11/02/2023, 12:24 WIB
Fika Nurul Ulya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk penanganan pasca-gempa bumi di Kota Jayapura, Papua.

Bantuan tersebut terdiri dari Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp 750 juta dan bantuan permakanan atau paket sembako senilai Rp 250 juta.

Bantuan diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan pada Sabtu (11/2/2023).

"Mohon izin terima bantuan dana siap pakai dari kami BNPB atas nama Kepala BNPB Suharyanto, diminta oleh pimpinan menyerahkan bantuan, mohon kiranya diterima," kata Fajar Setyawan menyerahkan bantuan di Kota Jayapura, yang disiarkan melalui akun YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (11/2/2023).

Baca juga: 2.500 Warga Jayapura Mengungsi akibat Gempa, Tersebar di 15 Lokasi Pengungsian

Fajar menuturkan, bantuan dana siap pakai akan digunakan untuk operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah provinsi, dan TNI-Polri untuk penanganan bencana.

Sedangkan bantuan permakanan diberikan kepada masyarakat terdampak gempa bumi yang tengah membutuhkan pertolongan.

Selain itu, pihaknya juga akan menyerahkan 3.000 lembar selimut, 3.000 tikar, dan 5 unit tenda yang saat ini dalam proses pengiriman.

"Mudah-mudahan bisa meringankan kesusahan teman-teman kita saudara kita yang terdampak, mohon kiranya diterima," ucap Fajar.

Lebih lanjut, pihaknya akan melakukan asesmen pada rumah-rumah ataupun bangunan lain yang rusak akibat gempa bumi, hingga diketahui bangunan layak huni.

Baca juga: Kota Jayapura Tetapkan Status Tanggap Darurat 21 Hari Usai Gempa M 5,2

Secara umum, kata Fajar, kondisi pasca-gempa bumi di Papua sudah mulai kondusif dan cukup terkendali.

Penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura dan BPBD cukup bagus sehingga aktivitas posko berjalan.

Penanganan darurat pun sudah berlangsung sejak gempa terjadi.

"Kami akan segera melakukan asesmen terhadap bangunan terdampak hingga diketahui bangunan layak huni seperti RSUD Dok II Jayapura agar bisa segera ditempati agar pelayanan dapat berfungsi sebagaimana mestinya," jelas Fajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com