Kompas.com - 04/07/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Litbang Kompas mengungkapkan sekitar 58,3 persen responden menyatakan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia sudah berkinerja sesuai dengan konsep slogan “Presisi”.

Presisi merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas dan transparansi serta berkeadilan.

Ini merupakan konsep yang dirilis sejak kepemimpinan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kepolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Polemik AKBP Brotoseno, Eks Napi Korupsi yang Tak Dipecat, Polri sampai Revisi Aturan Kode Etik

Dikutip dari data Kompas.Id, dalam survei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (4/7/2022), mencatat ada 58,3 persen responden menyatakan Polri sebagai institusi penegak hukum sudah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai "Presisi".

Sementara itu, masih ada 28,6 persen responden yang menyatakan kinerja Polri belum sesuai "Presisi". Sedangkan, ada 13,1 persen lainnnya yang menyatakan tidak tahu.

Sebagai infomasi, total responden yang dalam survei ini sebanyak 504 orang yang berusia minimal 17 tahun dari 34 provinsi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan secara acak melalui telepon pada 25-28 Juni 2022.

Baca juga: Polri Diminta Gunakan Momentum Hari Bhayangkara untuk Evaluasi

Adapun survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan nirpencuplikan metode kurang lebih 4,37 persen.

Dalam data yang sama, hampir setengah responden atau 51,4 persen menilai Polri selaku aparat penegak hukum sudah berlandaskan prinsip berkeadilan.

Sedangkan, ada 40 persen responden yang tidak sependapat atau menyatakan belum berlandaskan prinsip berkeadilan. Sementara, 8,6 persen lainnya menyatakan tidak tahu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.