Kompas.com - 12/05/2022, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Hamka Hendra Noer akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian rencananya melantik Hamka pada Kamis (12/5/2022) di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Pelantikan Hamka sebagai Pj Gubernur Gorontalo menggantikan gubernur definitif Rusli Habibie yang habis masa jabatannya.

Oleh karena pemilihan kepala daerah (pilkada) baru akan digelar serentak pada 2024, ratusan kepala daerah yang habis masa jabatannya pada tahun 2022 dan 2023 akan digantikan oleh pj.

"Benar, nama-nama itu sudah fix," kata salah satu pejabat di Kemendagri mengonfirmasi nama-nama pj yang akan dilantik, seperti dilansir Kompas.id.

Baca juga: Ini Daftar 5 Calon Penjabat Gubernur yang Kamis Besok Dilantik

Bersamaan dengan pelantikan Hamka, Tito juga akan melantik empat penjabat gubernur lainnya, yakni Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat menggantikan Muhammad Ali Baal Masdar. Lalu, Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menggantikan Erzaldi Rosman Djohan.

Kemudian, Sekda Provinsi Banten Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten menggantikan Wahidin Halim, serta Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kemendagri Komjen Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat pengganti Dominggus Mandacan.

Lantas, siapakah sosok Hamka Hendra Noer?

Profil Hamka Hendra Noer

Dikutip dari laman resmi Kemenpora, Hamka Hendra Noer kini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora. Ia dilantik sebagai staf ahli pada 1 Maret 2021.

Dilansir dari TribunGorontalo.com, Hamka merupakan alumnus Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara, tahun 1992.

Baca juga: Profil Al Muktabar: Pernah Diberhentikan sebagai Sekda, Kini Jadi PJ Gubernur Banten

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado Sulawesi Utara.

Gelar doktoral diraih Hamka dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Bangi, Selangor, Malaysia.

Tak banyak informasi mengenai Hamka. Namun, ia disebut-sebut sebagai putra daerah yang paham betul politik lokal, termasuk Gorontalo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.