Kompas.com - 13/04/2022, 16:03 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan, Presiden Joko Widodo akan menerbitkan peraturan presiden mengenai pengadaan logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu 2024).

Menurut Tito, penerbitan perpres tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024.

"Bapak Presiden juga siap untuk membuat perpres yang spesifik mengenai pengadaan logistik pemilu. Nah saya kira ini salah satu komitmen dari pemerintah untuk mendukung," kata Tito rapat kerja dengan Komisi II DPR, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Pemerintah Minta Anggaran Pemilu 2024 Disusun Secara Efektif dan Efisien

Tito mengakui, pengadaan logistik menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi menjelang pelaksanaan pemilu, terutama terkait lelang pengadaannya.

Untuk itu, kata Tito, Jokowi telah berkali-kali meminta anak buahnya untuk menyiapkan regulasi terkait pengadaan logistik untuk pemilu.

"Beliau sudah memerintahkan kepada Menko Polhukam dan kami semua, sepanjang tidak bertentangan hukum, agar disiapkan regulasi dari tingkat pemerintah. Salah satunya masalah pengadaan barang dan jasa, logsitsik untuk pemilu," kata Tito.

Dalam kesempatan ini, Tito juga berpesan agar anggaran Pemilu 2024 disusun secara efektif dan efisien.

Ia mengingatkan, negara, pemerintah, dan rakyat kini membutuhkan biaya yang tak sedikit karena pandemi Covid-19 belum dipastikan berakhir pada 2024.

"Kita juga masih dalam tahap recovery ekonomi, pemulihan ekonomi, banyak juga yang terdampak saya kira yang menganggur dan lain-lain," ujar Tito.

Baca juga: Mendagri Harap Pemilu 2024 Tak Sekadar Lancar, tetapi Aman bagi Rakyat

Ia menambahkan saat ini juga banyak program strategis nasional maupun daerah yang belum terselesaikan dan membutuhkan biaya.

Hal ini belum ditambah dengan rencana pemekaran wilayah di Papua yang juga mengeluarkan biaya.

"Oleh karena itu, mohon dengan segala hormat dikalulasi betul anggarannya agar bisa seminimal mungkin tapi tetap mencapai target pemilu terlaksana aman dan lancar," kata Tito.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.