Kompas.com - 27/02/2022, 16:24 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei nasional terbaru yang dilakukan lembaga Indopol Survey menyatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik dengan angka 23,82 persen.

Posisi KPK ini disusul Polri (23,17 persen), Mahkamah Agung (14,72 persen), dan Kejaksaan RI (10,16 persen).

Sementara itu, sebanyak 23,41 persen responden tidak menjawab dan 4,72 persen menjawab lainnya.

Baca juga: Survei Indopol: 72,93 Persen Responden Puas dengan Kinerja Jokowi-Maruf Amin

"Lembaga penegak hukum yang paling berintegritas atau dapat dipercaya (menurut survei) adalah KPK," kata Direktur Eksekutif Indopol, Ratno Sulistiyanto, dalam keterangan pers, Minggu (27/2/2022).

Kemudian, secara khusus, survei mengukur kepercayaan publik soal kepercayaan terhadap polisi.

Sebanyak 81,30 persen mengatakan percaya dengan polisi. Alasan percaya kepada polisi yaitu karena kinerja yang baik (36 persen), menjaga dan memberikan rasa aman (19,40 persen), dan mengayomi masyarakat (19,20 persen).

Sementara itu, yang menyatakan tidak puas beralasan karena masih ada pungutan liar, suap, dan korupsi (36,96 persen), kinerja buruk (27,83 persen), dan banyak oknum bermasalah (6,96 persen).

"Selain itu, temuan survei menyatakan tingkat keyakinan publik terhadap polisi bisa berubah menjadi lebih baik ke depan cukup tinggi, yaitu 79,19 persen," ujar Ratno.

Baca juga: KPK Dalami Kesepakatan Uang untuk Bupati Langkat dari Kontraktor Proyek

Survei Indopol ini dilaksanakan pada 18-25 Januari 2022. Jumlah responden 1.230 orang yang dipilih secara proporsional di 34 provinsi menggunakan multistage random sampling.

Wawancara terhadap responden dilakukan secara tatap muka. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error +/- 2,8 persen.

Lembaga survei Indopol tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia bersama 37 lembaga lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.