Kompas.com - 17/02/2022, 18:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyebut bahwa jumlah komponen cadangan yang telah terbentuk hingga saat ini masih belum ideal untuk mewujudkan konsep pertahanan semesta.

"Komponen cadangan baru terbentuk sekitar 3.100 orang dan itu pun baru untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan matra darat," ujar Sekretaris Jenderal Kemhan, Marsdya Donny Ermawan Taufanto, dalam diskusi daring pada Kamis (17/2/2022).

Donny menambahkan, komponen cadangan matra laut dan udara pun baru akan dibentuk pada tahun ini. Jumlahnya pun hanya 500 orang untuk masing-masing matra untuk tahun ini.

Baca juga: Dicari Warga Sipil yang Bisa Jadi Personel Komcad di Kapal Perang, Ini Caranya

"Kekuatan pendukung belum didata, diverifikasi, dan ditetapkan sehingga pembinaan belum dapat dilakukan dengan maksimal," kata Donny.

Donny juga menyebutkan bahwa bukan hanya komponen cadangan yang belum ideal, namun sejumlah komponen lain juga mengalami hal serupa.

Kondisi alutsista TNI pun disebut dalam keadaan memprihatinkan, sehingga kesiapan tempur terbilang rendah.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Apa Itu Komcad

"Alat utama sistem senjata, perlengkapan, dan amunisi banyak mengalami kerusakan. Sebagian besar alutsista dan persenjataan juga sudah berusia lebih dari 25 tahun, serta sudah waktunya untuk diganti," jelas Donny.

"Usia yang sudah cukup tua tersebut juga menjadi tolok ukur kualitas dan teknologi yang cukup ketinggalan bila dihadapkan dengan alutsista beberapa negara tetangga," ia menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.