Kompas.com - 04/02/2022, 05:56 WIB
Penulis Irfan Kamil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Asep Kurnia memastikan, pihaknya telah menangani 100 calon taruna (Catar) Politeknik Imigrasi (Poltekim) yang terpapar Covid-19.

Asep mengatakan, BPSDM terus berkoordinasi dengan pihak Sekolah Pendidikan Kepolisian (SPN) Polda Metro Jaya untuk penanganan calon teruna yang terkonfirmasi virus corona tersebut.

“Pencegahan dan penanganan Covid-19 calon taruna telah dilaksanakan dengan serius” ujar Asep, melalui keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022).

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi Minta Kepala Daerah dan TNI-Polri Disiplinkan Penerapan Prokes

Asep menjelaskan, pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat kepada calon taruna Poltekim yang semestinya akan melaksanakan masa basis di SPN Polda Metro Jaya pada tanggal 2 Februari 2022.

Namun, berdasarkan pemeriksaan Covid-19 dari pihak SPN diketahui ada 100 calon teruna yang terkonfirmasi postif virus corona.

Kendati demikian, ujar Asep, seratus calon taruna tersebut tengah menjalani isolasi mandiri terpusat dengan pemantauan tenaga kesehatan BPSDM Kemenkumham.

“Berkat komitmen dan koordinasi yang baik dari jajaran SPN di bawah pimpinan Kepala SPN Polda Metro Jaya, prokes yang ketat dapat terlaksana, sehingga dapat diketahui catar yang reaktif dan telah kami lakukan isolasi mandiri” tutur Asep.

Diberitakan, 100 calon taruna Politeknik Imigrasi terpapar Covid-19 saat akan mengikuti pendidikan di Lido pada Rabu (2/2/2022). Hal itu, diketahui berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari pihak SPN.

Baca juga: Jokowi: Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 dengan Persiapan Lebih Baik

Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol BPSDM, Sopi Ahyar menyampaikan, 100 calon taruna yang terpapar virus corona itu kini tengah melakukan isolasi mandiri terpusat di Gedung Asrama Tangerang.

BPSDM menegaskan, pihaknya telah menjalankan amanat surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri yang mengatur bahwa sekolah wajib menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Oleh sebab itu, penerimaan 641 calon taruna dari Sekretariat Jenderal ke BPSDM Hukum dan HAM dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sopi mengatakan, calon taruna yang diterima juga wajib membawa surat hasil swab polymerase chain reaction (PCR) negatif pada H-2 pelaksanaan tes.

Selain itu, calon taruna juga wajib mengikuti tes swab antigen di BPSDM Hukum dan HAM dan diwajibkan memakai masker, menjaga jarak dan tidak bersentuhan.

"Pelaksanaaan pembekalan pra basis kepada seluruh catar di lingkungan BPSDM Kemenkumham dilaksanakan sebelum mengikuti pendidikan di SPN Lido," papar Sopi, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Ditemukan Masif di Sekolah, Gibran: Prokes di Sekolah Sudah Sangat Ketat

Dalam layanan pembekalan tersebut BPSDM telah melaksanakan pencegahan dan penanganan Covid- 19 dengan penerapan protokol kesehatan dan melakukan disinfektan ke seluruh lingkungan di BPSDM.

BPSDM juga bekerja sama dengan Puskemas Cinere dalam layanan kesehatan calon taruna serta bekerja sama dengan RS Pengayoman dalam layanan kesehatan calon taruna.

Selain itu, BPSDM juga merekrut tenaga medis dari luar, baik dokter maupun perawat yang telah berpengalaman menangani pasien Covid-19 di Wisma Atlet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.