Kompas.com - 27/01/2022, 19:37 WIB

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengatakan, draf Undang-undang (UU) Ibu Kota Negara (IKN) sudah lengkap dan siap diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

“Ketua DPR menugaskan Sekjen DPR menyerahkan draf UU IKN kepada presiden melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg),” katanya sebelum berangkat menuju Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Draf tersebut rencananya akan diterima Mensesneg Pratikno.

Indra juga mengatakan, sesuai UU Nomor 12 Tahun 2011, draf tersebut harus diberikan dalam jangka waktu tujuh hari sejak persetujuan bersama.

“Hari ini adalah batas tujuh harinya. Selanjutnya, sesuai Undang-undang Dasar (UUD), pemerintah diberi waktu 30 hari untuk mengkaji. Seluruhnya 11 Bab 44 Pasal,” ujarnya dalam keterangna tetulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Baca juga: DPR Akan Bahas Anggaran IKN Nusantara secara Khusus

Untuk diketahui, paripurna DPR pada Selasa (18/1/2022) sudah menyepakati Rancangan UU IKN menjadi UU. Seluruh fraksi menyetujui kecuali dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Setelah melalui proses kajian, UU tersebut akan dinomori dan masuk dalam lembaran negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.