KBRI Belanda Mengaku Belum Dapat Laporan Soal Sejarawan Bonnie Triyana Dipolisikan

Kompas.com - 25/01/2022, 20:33 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) di Belanda mengatakan, hingga saat ini belum menerima laporan terkait dengan pelaporan Sejarawan Indonesia, Bonnie Triyana ke pihak kepolisian setempat.

Laporan tersebut dilayangkan oleh Federatie Indische Nederlanders (Federasi Belanda-Indisch - FIN).

Dubes RI di Belanda Mayerfas bahkan mengatakan, pihaknya justru mengetahui berita laporan tersebut dari media massa.

"Kami sudah mengetahui tentang hal ini dari beberapa media dan lain-lain. Namun sampai saat ini belum ada komunikasi resmi dari pihak sini kepada KBRI," kata Mayerfas lewat pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Laporan hukum terhadap Bonnie tersebut dilayangkan lantaran ia memicu kontroversi di dalam opininya mengenai periode “Bersiap”, terminologi Belanda untuk menyebut masa yang dikenal di Indonesia sebagai masa “Agresi Militer”.

Baca juga: Sejarawan Bonnie Triyana Dilaporkan di Belanda karena Artikel Periode “Bersiap”

Mayerfas pun mengatakan, hingga saat ini KBRI di Belanda juga belum menerima informasi mengenai laporan hukum tersebut dari pihak Bonnie Triyana.

Ia mengatakan, selama ini komunikasi antara KBRI dengan pihak Bonnie sebatas terkait dengan persiapan pameran di Rijksmuseum, di mana Bonnie Triyana menjadi kurator.

"Selama ini kita kerjasama dan komunikasi dengan beliau sebagai kurator dalam rangka persiapan pameran di Rijksmuseum. Sampai saat ini tidak ada komunikasi resmi kepada KBRI," kata Mayerfas.

Untuk diketahui, Bonnie adalah satu dari dua kurator tamu dari Indonesia untuk pameran Revolutie! Indonesie onafhankelijk (Revolusi! Kemerdekaan Indonesia) di Rijksmuseum yang rencananya digelar mulai 11 Februari mendatang.

Pameran ini disebut akan menawarkan perspektif internasional atas perjuangan kemerdekaan Indonesia dari Kerajaan Kolonial Belanda selama periode 1945-1949.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.