Kompas.com - 13/11/2021, 10:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanam pohon kayu putih di kawasan Hutan Gunung Pepe, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari kedua kunjungannya ke Lombok, NTB.

"Pagi hari ini saya berada di kawasan Hutan Gunung Pepe di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bersama masyarakat, menteri, dan gubernur kami menanam banyak pohon di sini utamanya kayu putih dan juga banyak buah-buahan," ujar Jokowi di lokasi penanaman, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan itu, Jokowi yang didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah berpesan kepada masyarakat agar tanaman yang telah ditanam dipelihara dan dijaga.

Sebab nantinya, kata dia, tanaman-tanaman tersebut akan berdampak ekonomi kepada masyarakat yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Baca juga: Surya Paloh Bicara Dukungan untuk Jokowi, Jokpro: Ini Sinyal, Kami Tidak Sendirian

"Juga untuk menjaga lingkungan kita agar tidak longsor, tidak banjir, sehingga saya minta ini betul-betul dipelihara karena musimnya masih musim hujan yang sangat bagus untuk menanam dan pemeliharaan," ujar Jokowi.

Jokowi juga sempat bertanya kepada masyarakat yang turut hadir pada kegiatan penanaman tersebut terkait kesanggupan mereka merawat.

Sebab menurut dia, apabila masyarakat sendiri yang merawat dan menjaganya, maka hal tersebut akan lebih baik.

Pasalnya, tanaman-tanaman tersebut juga ditanam untuk dimanfaatkan oleh mereka.

"Kalau masyarakat sendiri yang melakukan (menjaga dan merawat) akan lebih baik lagi, memelihara pohon sanggup? Benar? Terima kasih," seru Jokowi yang langsung mendapat jawaban sanggup dari masyarakat sekitar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.