Pangkostrad Pimpin Upacara Pemberangkatan Latihan Antar-kecabangan Brigif Raider 13/1 Kostrad

Kompas.com - 03/11/2021, 15:32 WIB
Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemberangkatan latihan antar kecabangan Brigif Raider 13 Divisi Infanteri 1 Kostrad Tahun 2021 di Pelabuhan Merak Cilegon, Banten, Rabu (3/11/2021). KostradPanglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemberangkatan latihan antar kecabangan Brigif Raider 13 Divisi Infanteri 1 Kostrad Tahun 2021 di Pelabuhan Merak Cilegon, Banten, Rabu (3/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal Dudung Abdurachman memimpin upacara pemberangkatan latihan antar-kecabangan Brigif Raider 13 Divisi Infanteri 1 Kostrad, di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (3/11/2021).

Personel Kostrad akan diberangkatkan ke Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklat TNI AD) di Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, dalam rangka latihan puncak matra darat yang dikenal dengan Latihan Kartika Yudha Tahun 2021.

Dalam amanatnya, Dudung mengatakan, latihan antar-kecabangan Brigif Raider 13/1 Kostrad merupakan latihan yang memadukan semua kesenjataan dan kecabangan.

"Serta, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknik, taktik dalam manuver lapangan pada operasi serangan tingkat brigade yang diperkuat dengan unsur-unsur bantuan tempur dan bantuan administrasi serta operasi pertahanan dan serangan oleh satuan setingkat batalyon," ujar Dudung, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Baca juga: Pangkostrad Dudung Minta Prajurit Bijak dalam Menggunakan Media Sosial

Dudung mengatakan, latihan ini menuntut koordinasi yang melekat dan pengendalian yang ketat. Sebab, latihan ini tidak saja melibatkan unsur Infanteri, tetapi juga melibatkan unsur-unsur dari kecabangan lain.

Latihan yang akan berlangsung selama kurang lebih 17 hari itu juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana efektivitas pembinaan latihan satuan yang sudah dilaksanakan.

Pembinaan latihan satuan antara lain untuk menghasilkan kesiapan operasional dalam menghadapi kegiatan latihan pada lingkup yang lebih besar, termasuk tugas operasi.

Dudung berpesan kepada peserta agar berlatih dengan disiplin dan penuh kesungguhan.

Ia mengatakan, dengan berdisiplin dan penuh kesungguhan, maka semua materi akan dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai sasaran yang diinginkan.

"Dengan berlatih secara benar dengan porsi latihan yang memadai, maka risiko terjadi korban pertempuran yang sia-sia, dapat dihindari," katanya.

Baca juga: Pangkostrad Dudung Abdurachman Lantik Kunto Arief Wibowo Jadi Pangdivif 3 Kostrad

"Hal ini sejalan dengan moto latihan kita yaitu Lebih baik mandi keringat dalam latihan, daripada mandi darah dalam pertempuran," tegas dia.

Untuk diketahui, pelaksanaan embarkasi pasukan latihan antar kecabangan Brigif R 13 Kostrad menggunakan kapal Portlink III dengan tujuan Merak-Pelabuhan Panjang Kota Bandar Lampung.

Personel yang diberangkatkan sejumlah 2.907 orang yang terdiri dari personel Satgas Brigif Raider 13/1 Kostrad yang berasal dari banpur (bantuan tempur) dan banmin (bantuan administrasi), serta dilengkapi alutsista masing-masing kecabangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.