Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan, peran serta masyarakat menjadi yang utama dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurut dia, peran masyarakat paling utama meskipun pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam penanganan Covid-19.

"Meskipun pemerintah telah mengambil kebijakan untuk menekan laju pandemi dan terus menggencarkan program vaksinasi, peran serta masyarakat tetaplah yang utama," ujar Ma'ruf di acara Peringatan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Minta Program Pendidikan Tinggi Adopsi Konteks Lokal

Ma'ruf mengatakan, hal tersebut harus tetap diingat masyarakat karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Ma'ruf pun mengingatkan agar masyarakat tetap menegakkan protokol kesehatan, termasuk mengikuti vaksinasi Covid-19 agar 77 persen kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai.

"Kita harus terus berkarya dan bersinergi agar tetap produktif dengan disiplin menaati protokol kesehatan, demi terwujudnya Indonesia yang sehat dan maju," kata Ma'ruf.

Baca juga: Ini Hasil Evaluasi PPKM 21-27 September dari Pemerintah

Adapun kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan sejak pemberlakuan sejumlah kebijakan, di antaranya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan level tertentu.

PPKM tersebut berhasil menekan Covid-19 di Tanah Air yang sempat menyentuh angka 56.000 kasus per hari menjadi 2.000-an kasus per hari saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.