Jelang PON XX, Pemerintah Percepat Vaksinasi Covid-19 di 5 Kabupaten/Kota Wilayah Papua

Kompas.com - 10/08/2021, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan dimulai kurang lebih dua bulan lagi yaitu 2 Oktober 2021-15 Oktober 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiki mengatakan, pihaknya akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi lengkap di lima kabupaten/kota di Papua sebelum akhir September.

"Khusus lima kabupaten/kota, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika sudah dikeluarkan Inmendagri untuk segera vaksinasi lengkap sebelum akhri September karena persiapan PON papua," kata Budi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Airlangga: 77,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Akan Tiba Agustus Ini

Budi mengatakan, pemerintah akan memprioritaskan penambahan stok vaksin di 45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali.

Hal ini dilakukan mengingat kasus konfirmasi positif Covid-19 di 45 kabupaten/kota tersebut meningkat.

"Dan memang presiden sampaikan dipastikan aglomerasi 7 di Jawa-Bali kalau bisa segera diselesaikan minimal 70 persen di akhir September," ujar dia. 

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sebanyak 77,5 juta dosis vaksin akan tiba di Tanah Air pada Agustus 2021.

"Jumlah vaksin yang akan tiba di Agustus 2021 sebesar 72 juta ditambah 5,5 juta, jadi sekitar 77,5 juta dosis," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin.

Airlangga mengatakan, pemerintah menjadwalkan pengiriman dosis vaksin ke-45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali dan 4 kabupaten/kota untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Baca juga: Polres Jaksel Sediakan Layanan Vaksinasi Covid-19 Kolektif, Minimal 100 Orang

Ia mengatakan, untuk daerah di luar Jawa-Bali, akan dikirim sebanyak 10,62 juta dosis vaksin. Kemudian, 12 Agustus akan ditambah 6 juta dosis vaksin Coronavac.

"Lalu ada pengiriman 5,6 juta dosis vaksin dan diharapkan ini bisa terkirim pekan ketiga bulan Agustus sebesar 34 juta dari total 73 juta yang akan datang di bulan Agustus," ujar dia.

Dengan adanya penambahan stok tersebut, Airlangga berharap percepatan vaksinasi dapat dilakukan dengan meningkatkan target jumlah suntikan per hari.

Ia juga meminta pemerintah daerah (pemda) tidak menyimpan stok vaksin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.