Jawab Isu Terjadi Peretasan Data, Kejagung Pastikan Seluruh Aplikasi dan Sistem Normal

Kompas.com - 17/02/2021, 22:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, seluruh aplikasi dan sistem milik Kejaksaan dalam kondisi normal.

Hal ini menjawab kabar yang menyebut telah terjadi peretasan data Kejaksaan oleh seorang hacker.

"Pusdaskrimti sedang menelusuri apakah hal ini merupakan data peretasan lama atau kasus baru, sampai dapat dipastikan hasil koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Adhyaksa Monitoring Centre (AMC)," kata Leonard dalam keterangannya, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Rutan KPK Terima Titipan Tahanan Kejaksaan Agung untuk Kasus Asabri

Ia pun mengatakan, Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Pusdaskrimti) sudah mengimbau para pengguna mengganti kata sandi (password) untuk menghindari penyalahgunaan aplikasi. Imbauan ini dikeluarkan sebagai langkah antisipasi.

Selain itu, Leonard mengatakan, Pusdaskrimti terus menelusuri kemungkinan adanya peretasan tersebut berkoordinasi BSSN dan AMC.

"Pusdaskrimti terus berkomunikasi dengan BSSN untuk menindaklanjuti informasi peretasan tersebut," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.