Prihatin Kasus Harian Covid-19 Tembus 6.000, Satgas Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Kompas.com - 02/12/2020, 08:10 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito Dok. Humas BNPBJubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengaku prihatin penambahan kasus virus corona mencapai rekor baru melebihi angka 6.000 kasus dalam sehari.

"Saya ingin menyampaikan keprihatinan atas melonjaknya angka kasus positif covid-19 yang mencapai rekor terbaru yaitu di atas angka 6.000 pada minggu lalu," kata Wiku melalui konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/12/2020).

Menurut Wiku, melonjaknya penambahan kasus positif menjadi cerminan peningkatan penularan Covid-19. Hal ini seharusnya menjadi perhatian seluruh pihak.

Kasus aktif Covid-19 yang tinggi, kata Wiku, berpotensi meningkatkan multiplier effect atau penularan yang lebih tinggi utamanya jika masyarakat abai protokol kesehatan.

Baca juga: 9 Bulan Pandemi Covid-19, Peringatan Keras Jokowi: Jangan Keterusan

Oleh karenanya, Wiku meminta publik disiplin mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Wiku memahami bahwa masyarakat sudah mulai lelah dengan pandemi, tetapi, ia mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya di sini minta masyarakat untuk patuh protokol kesehatan," ujar Wiku.

"Kami di sini memahami bahwa masyarakat sudah mulai lelah menghadapi pandemi ini, akan tetapi kita tidak boleh kalah," tuturnya.

Wiku menyebut, virus corona bisa menyerang siapa saja, bahkan kepala daerah. Virus bisa menular dari orang-oramg terdekat, keluarga, ajudan, pengemudi, dan lainnya.

Baca juga: 9 Bulan Pandemi Covid-19: Zona Merah Malah Bertambah, Peringatan untuk Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Oleh karenanya, ia meminta seluruh masyarakat, termasuk pejabat publik, untuk berhati-hati dan betul-betul menerapkan protokol kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.