Brigjen Setyo Budiyanto Terpilih sebagai Direktur Penyidikan KPK

Kompas.com - 19/09/2020, 10:23 WIB
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung Baru KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2017). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGLogo Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung Baru KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2017).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Brigjen Setyo Budiyanto terpilih sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan Nota Dinas Nomor: 479/KP.02.00/50-54/09/2020 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango telah mengonfirmasi soal nota dinas tersebut. Ia pun menekankan bahwa tidak semua pejabat yang terpilih sebagai direktur di KPK berasal dari Polri.

"Iya (daftarnya benar), itu keseluruhan yang lolos, jadi tidak hanya anggota polisi semua," kata Nawawi saat dikonfirmasi, Sabtu (18/9/2020).

Baca juga: Direktur Penyidikan Jadi Plt Deputi Penindakan KPK

Selain Setyo, nota dinas tersebut juga menyebutkan nama-nama lain yang terpilih melalui seleksi, yaitu Direktur Pengaduan Masyarakat Tomi Murtomo dari internal KPK serta Direktur Pengolahan Informasi dan Data Riki Arif Gunawan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kemudian, terdapat 9 nama koordinator wilayah yang terpilih, yakni Asep Rahmat Suwanda, Aminudin, Budi Waluya, dan Aida Ratna Zulaiha dari internal KPK, serta Didik Agung Widjanarko, Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi dan Yudhiawan dari Polri.

Baca juga: Dapat Promosi, Direktur Penyidikan KPK Panca Putra Ditarik Polri

Dalam rangkaian proses seleksi, Setyo menyisihkan dua calon lain yang juga berasal dari Polri, yaitu Widyaiswara Muda Sespimpti Polri Kombes Nazirwan Adji Wibowo dan Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Didik Agung Widjanarko.

Setyo sebelumnya merupakan Koordinator Wilayah III KPK sekaligus menjabat sebagai Plt Direktur Penyidikan KPK menggantikan Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak yang ditarik ke Polri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X