Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doni Monardo: Tak Semua Orang Tua di Zona Hijau Izinkan Anak Datang ke Sekolah

Kompas.com - 07/08/2020, 21:47 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, tak semua orang tua di wilayah zona hijau mengizinkan anaknya datang ke sekolah.

Hal itu, menurut Doni, menjadi kendala yang harus diantisipasi pemerintah daerah di zona hijau (tidak berisiko) dan kuning (risiko rendah) saat memulai kegiatan belajar secara tatap muka di sekolah.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning, Satu Kelas Hanya Boleh Berisikan 18 Murid

"Kita sudah melihat daerah-daerah yang memulai ternyata tidak mudah juga. Ada sekelompok orang tua murid yang belum mengizinkan anaknya mengikuti kegiatan belajar tatap muka," kata Doni dalam keterangan pers di kanal Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (7/8/2020).

Untuk itu, Doni meminta daerah yang akan membuka kembali sekolah harus mempersiapkan segala hal, mulai dari kesiapan infrastruktur untuk menerapkan protokol kesehatan dan sosialisasi prosedur bersekolah kepada orang tua.

Ia melihat masih banyak orang tua siswa yang khawatir jika anaknya kembali bersekolah di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Tetap Izinkan Sekolah Tatap Muka

"Sehingga nantinya diharapkan seluruh pengambil kebijakan di daerah mampu melakukan berbagai macam tahapan. Mulai dari sosialisasi, melibatkan seluruh komponen yang ada termasuk tokoh-tokoh yang ada di daerah. Juga para ulama, juga budayawan," kata Doni.

"Semua tokoh baik formal maupun nonformal lainnya dilibatkan sehingga program yang diberikan kepada daerah untuk dimulai itu bisa efektif," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com