Kepada Wisudawan IPDN, Mendagri: Ditanya Lulusan Tahun Berapa? Lulusan Tahun Pandemi

Kompas.com - 28/07/2020, 17:29 WIB
Mendagri Tito Karnavian mewisuda ribuan praja IPDN di kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020). Screenshoot YouTube Aam Aminullah/KOMPAS.com KOMPAS.COM/AAM AMINULLAHMendagri Tito Karnavian mewisuda ribuan praja IPDN di kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020). Screenshoot YouTube Aam Aminullah/KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, para wisudawan Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN) yang diwisuda pada Selasa (28/7/2020)  ini merupakan bagian dari sejarah pandemi Covid-19.

Sebab, mereka harus mengikuti prosesi wisuda dengan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19. 

Ia pun menilai bahwa kondisi tersebut merupakan momentum yang langka sehingga patut dicatatkan dalam sejarah baru yang tak bisa dilupakan oleh para lulusan IPDN tahun 2020.

"Sudah banyak lulusan IPDN. Adik-adik pasti akan ditanya, lulusan tahun berapa? Lulusan pada waktu pandemi, begitu kira-kira. Jadi orang sudah tahu lulusan (itu) tahun 2020," ujar Tito saat memberi sambutan dalam wisuda tersebut, dikutip dari siaran pers, Selasa (28/7/2020).

Baca juga: Wisuda Praja IPDN Live via YouTube, Tanpa Dihadiri Orangtua dan Tamu Undangan

Wisuda IPDN tersebut dilaksanakan di lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru di dunia pendidikan.

Tito mengapresiasi pelaksanaan wisuda yang menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, hand sanitizer, hingga face shield, baik di kampus Jakarta maupun di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan seketat mungkin, IPDN dapat menjadi salah satu model dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam sektor pendidikan," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X