Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghematan Jadi Alasan Presiden Bubarkan Lembaga, Berapa Serapan Anggaran BRG?

Kompas.com - 16/07/2020, 14:47 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead mengungkapkan, sejak berdiri pada 2016 hingga saat ini, total serapan anggaran BRG mencapai Rp 1,04 triliun.

"Pada 2020 ini, anggaran BRG sebesar Rp 215 miliar," kata Nazir menjawab Kompas.com, Kamis (16/7/2020).

BRG sebelumnya disebut Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai salah satu lembaga yang mungkin akan dibubarkan oleh Presiden Joko Widodo.

Setidaknya, ada 18 lembaga yang menurut rencana akan dibubarkan. Produktivitas dan efisiensi anggaran menjadi alasan di balik rencana pembubaran tersebut.

Nazir menambahkan, dari Rp 215 miliar anggaran BRG pada tahun ini, Rp 82 miliar di antaranya disalurkan ke pemerintah provinsi untuk membantu pelaksanaan kegiatan restorasi gambut di area yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

"Untuk belanja pegawai dan operasional kantor di Rp 13 miliar, untuk koordinasi kementerian/lembaga dan pemprov, perencanaan, sosialisasi, litbang, pembangunan IPG (Infrastruktur Pembasahan Gambut) di kawasan konservasi Rp 120 miliar," ujarnya.

Baca juga: Soal Pembubaran BRG, Nazir Foead: Kami Percaya Presiden Akan Ambil Keputusan Terbaik

Dalam kegiatan restorasi gambut, ia menambahkan, ada dua kegiatan restorasi yang dilakukan BRG yaitu di area konsesi dan di luar area konsesi.

Untuk di area konsesi, seperti perkebunan dan kehutanan, BRG telah mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pertanian dalam kegiatan supervisi atau bimbingan teknis dalam upaya restorasi yang menjadi tanggung jawab pemegang konsesi.

"Dukungan BRG di wilayah perkebunan dalam pelaksanaan supervisi mencapai 442.656 hektare atau 79,66 persen dari target 555.659 hektare," ujarnya.

Adapun kegiatan restorasi yang dilakukan di luar area konsesi telah mencapai 778.181 hektare atau 89 persen dari total target seluas 892.241 hektare.

Selain itu, ia menambahkan, BRG telah menjalin mitra dengan berbagai pihak selama 2016-2019 untuk membangun 22.905 infrastruktur pembasahan gambut (IPG).

Infrastruktur yang dibangun meliputi 15.668 sumur bor, 6.938 sekat kanal, dan 409 timbun kanal. Di samping itu, BRG juga telah memberikan paket revitalisasi ekonomi sebanyak 520 paket dan bantuan ekonomi produktif sebanyak 413 paket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com