Wapres Ma'ruf: Prioritaskan Tetangga yang Kesulitan di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 28/04/2020, 11:57 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.
 ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAWakil Presiden Maruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat agar lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar yang terdampak pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan dengan membantu tetangga yang mengalami kelaparan atau membutuhkan bantuan.

Baca juga: Wapres Tegaskan Mudik Berbahaya di Tengah Pandemi Covid-19

"Apalagi mereka yang tidak makan itu tetangga kita, sebab tetangga itu seperti keluarga kita sendiri. Tetangga ini orang-orang yang dekat dengan kita, di sekitar kita, harus jadi prioritas utama," ujar Ma'ruf, Selasa (28/4/2020).

Ma'ruf mengatakan, akan berdosa apabila masyarakat tidak saling membantu dengan tetangga sekitar yang mengalami kelaparan.

Sebab, sudah menjadi kewajiban sebagai tetangga untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Baca juga: Wapres Minta Masyarakat Taati Larangan Mudik agar Covid-19 Tak Berlangsung Lama

Selain itu, kata Ma'ruf, mengentaskan kemiskinan dan kelaparan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat.

Terlebih bagi mereka yang mempunyai kelebihan untuk bisa membantu meski sedikit.

"Menghilangkan kelaparan, kemsikinan jadi tanggung jawab kita semua bagi mereka yang punya kelebihan untuk bisa membantu meski sedikit," kata dia.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Ini Pesan Wapres untuk Masyarakat Indonesia

Ma'ruf pun berharap bulan Ramadhan ini menjadi momentum untuk penguatan solidaritas sosial dalam rangka membantu menghilangkan kemiskinan akibat pandemi Covid-19.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X