Kompas.com - 06/04/2020, 11:27 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali memastikan proses pemilihan Ketua MA pada Senin (6/4/2020) tetap berlangsung secara terbuka.

Meskipun, kata dia, dalam pemilihan kali ini diberlakukan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Saya yakin kondisi ini tidak mengurangi makna keterbukaan dalam pemilihan," kata Hatta saat memberikan sambutan di acara pemilihan Ketua MA di Gedung MA, Jakarta, Senin (6/4/2020).

"Proses ini juga dapat disaksikan langsung secara live streaming oleh media massa serta seluruh warga pengadilan," ucap Hatta Ali.

Baca juga: Pemilihan Ketua MA Digelar dengan Konsep Physical Distancing

Dia mengatakan, pihaknya sudah memberlakukan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dengan mengatur jarak tempat duduk sebanyak kurang lebih 1,5 meter.

Kemudian para hakim dan panitia acara juga diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

"Proses pemilihan seperti ini tidaklah menghilangkan keabsahan dari sidang itu sendiri," ucapnya.

Hatta menegaskan, MA tidak berniat sama sekali untuk melanggar anjuran pemerintah terkait larangan berkerumun. Sebab, pemilihan ini sudah direncanakan sejak dua bulan lalu.

Ia menambahkan, pemilihan ini mendesak untuk dilakukan karena pada 7 April 2020 Hatta akan pensiun dan resmi turun dari jabatannya sebagai Ketua MA pada 1 Mei mendatang.

"Pemilihan ini tetap harus kita laksanakan untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan Mahkamah Agung," ucap Hatta.

Baca juga: MA Serahkan Kebijakan soal Pencegahan Corona ke Masing-masing Pengadilan

Diketahui, saat ini proses pemilihan ketua MA masih berlangsung. Jumlah hakim yang datang total 47 orang.

Jumlah hakim tersebut telah kuorum untum melakukan pemilihan Ketua MA.

Selain itu, 47 hakim tersebut memiliki hak untuk memilih dan dipilih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.