Buka Masa Sidang di Tengah Wabah Corona, DPR Tiadakan Kegiatan Kunjungan Kerja

Kompas.com - 30/03/2020, 16:25 WIB
Ilustrasi : Suasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009) KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi : Suasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009)
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan kegiatan kunjungan kerja spesifik ditiadakan untuk sementara ditiadakan selama pandemi virus corona.

Kunjungan kerja hanya boleh dilakukan jika mendesak dan harus atas izin pimpinan DPR.

"Untuk meniadakan kegiatan kunker spesifik, kecuali urgen dan atas izin Pimpinan DPR," kata Puan saat menyampaikan pidato pembukaan masa sidang di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Baca juga: Rapat Paripurna DPR Diwarnai Interupsi soal Potong Gaji Guna Penanganan Covid-19

Selain itu, kebijakan yang ditetapkan DPR yaitu meniadakan kegiatan seminar dan focus group discussion (FGD) dan konsinyasi baik di dalam maupun luar kota.

Kemudian, DPR tidak akan mengirim delegasi untuk menghadiri pertemuan dan sidang atau konferensi organisasi parlemen regional atau internasional.

"Bahwa pada Masa Persidangan III ini kita tidak akan mengirim delegasi untuk menghadiri pertemuan dan sidang/konferensi organisasi parlemen regional maupun internasional," ujar Puan.

Penerapan kebijakan-kebijakan khusus tersebut, kata Puan, mengacu pada prinsip pembatasan sosial atau social distancing demi mencegah penyebaran virus corona.

Ia pun mengatakan dalam Masa Persidangan III 2019-2020 ini, DPR akan fokus pada isu-isu terkait dampak wabah virus corona di berbagai sektor.

Puan menyebutkan DPR mencermati berbagai persoalan yang timbul di masyarakat atas pandemi virus corona yang melanda negeri.

"Fungsi pengawasan DPR pada masa sidang ke-III ini, akan lebih difokuskan pada dampak wabah virus corona di berbagai bidang dan sektor," kata dia.

"Fungsi pengawasan juga tetap dilakukan terhadap permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian rakyat di berbagai bidang dan sektor," lanjut Puan.

Baca juga: Buka Masa Sidang DPR, Puan Maharani: Fungsi Pengawasan Fokus pada Dampak Corona

Puan mengingatkan seluruh elemen bangsa harus memiliki kesamaan sikap dalam menghadapi pandemi virus corona.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan, yang telah menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Pimpinan DPR dan segenap anggota DPR, pada kesempatan ini, memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan, dokter, perawat, teknisi, apoteker, tenaga pendukung, dan tenaga medis lainnya, atas dedikasi, pelayanan, dan ketabahannya, yang telah berada di garis paling depan dalam menangani rakyat Indonesia menghadapi wabah virus corona," tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X