TNI Kerahkan 566 Personel Bantu Operasional RS Darurat Covid-19

Kompas.com - 23/03/2020, 14:05 WIB
Presiden Joko Widodo melihat peralatan medis di ruang IGD saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APresiden Joko Widodo melihat peralatan medis di ruang IGD saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sudah siap beroperasi, Senin (23/3/2020) pada pukul 17.00 WIB.

Yudo mengatakan, ada tiga satgas yang siap mendukung operasional rumah sakit tersebut, yaitu satgas pendamping, satgas pendukung dan satgas pengamanan yang total jumlahnya sebanyak 566 orang.

"Satgas pendamping terdiri dari tenaga medis yang menangani langsung di ring satu. Kemudian untuk satgas pendukung yang terdiri dari para pendukung, dalam hal ini tim yang memasak, pengendali dari Kodam dan kita dari Kogabwilhan," kata Yudo melalui live streaming BNPB Indonesia, Senin (23/3/2020).

Baca juga: PGN Pasok Kebutuhan Gas di Wisma Atlet Kemayoran

"Kemudian ada satgas PAM (pengamanan) yang terdiri dari satuan petugas pengamanan Marinir, Koppasus, dan Paskhas TNI AU," ujarnya.

Satgas pendamping berjumlah 225 orang yang terdiri dari unsur TNI, Kementerian Kesehatan yang sudah bersiap di tower tiga.

Kemudian, Satgas pendukung berjumlah 161 orang yang terdiri dari unsur Polri, TNI dan ahli gizi serta Satgas pengamanan berjumlah 180 orang.

"Sehingga jumlah keseluruhan dari Kogasgabad Wisma Atlet berjumlah 566 orang," ujarnya.

Tiga satgas tersebut menjalankan tugasnya dipimpin oleh Pangdam Jaya.

Baca juga: Jokowi: Sore Ini, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Bisa Digunakan

Lebih lanjut, Yudo mengatakan, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet ini memiliki sekitar 1.600 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Sudah tersedia 1600 tempat tidur karena setiap lantai ada 34 kamar yang dua dipakai oleh tim perawatnya. Masing-masing kamar ada 3 tempat tidur sehingga keseluruhan yang siap saat ini adalah 1600 tempat tidur," ujar dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X