Soal Pemindahan Ibu Kota, Relawan Jokowi: Bung Karno Pasti Bangga

Kompas.com - 26/08/2019, 21:40 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYPresiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Relawan Presiden Jokowi mendukung langkah pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi, Michael Umbas menilai, langkah pemindahan ibu kota ini sebagai gebrakan yang positif.

"Pemindahan ini menjadi bukti bahwa Pak Jokowi seorang pemimpin yang visioner, pendobrak, mau keluar dari zona nyaman sekaligus cermin sikap sebagai negarawan," kata Umbas dalam keterangan tertulis, Senin (26/8/2019).

Pemindahan Ibu kota ini, menurut Umbas, menunjukkan bahwa Jokowi berpikir tidak untuk kepentingan lima tahunan, melainkan jangka panjang.

Baca juga: Dekat Ibu Kota Baru di Kaltim, Unmul Punya Sederet Prodi Favorit

Ia meyakini generasi bangsa masa depan akan menuai manfaat pemindahan ibu kota.

"Keberanian Pak Jokowi memindahkan ibu kota juga menunjukkan komitmen beliau terhadap perubahan. Sebagaimana disampaikan Pak Jokowi, beban DKI Jakarta dan Pulau Jawa sudah begitu berat," ujar dia. 

"Pak Jokowi juga menginginkan adanya pemerataan pembangunan nasional bersifat Indonesia sentris," kata dia lagi. 

Umbas juga mengatakan, harus disadari bersama bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar.

Indonesia baru saja merayakan HUT ke-74. Akan tetapi, kita belum pernah menentukan dan merencanakan ibu kota sendiri.

Karenanya, pengumuman ibu kota baru di sebagian Penajam Passer Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur bisa dikatakan sebagai hadiah di momen kemerdekaan Indonesia.

"Andai Bung Karno masih hidup, beliau yang dulu menggagas ide ini pasti bangga. Saya pribadi mengucapkan selamat," ujar dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X