Ini Makna dan Filosofi Persatuan di Logo HUT Ke-74 RI

Kompas.com - 15/08/2019, 07:39 WIB
Logo HUT ke-74 RI Dok. Kementerian Sekretariat NegaraLogo HUT ke-74 RI

KOMPAS.com – Logo HUT ke-74 RI pertama kali diumumkan oleh akun twitter resmi Kementerian Sekretariat Negara. Tak sekedar logo biasa, logo kali ini memiliki nilai filosofis tersendiri.

Wakil Kepala Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Ricky Pesik mengatakan proses pembuatan logo HUT ke-74 RI tersebut melalui proses yang panjang.

Keterlibatan awal Bekraf dalam pembuatan logo HUT RI tersebut berawal saat hari terakhir perayaan HUT ke-70 RI.


Pihaknya menilai proses yang ada tentang pembuatan identitas kurang tepat, sehingga kemudian Bekraf mengusulkan ke Sekretarian Negara (Setneg) untuk dibantu Bekraf.

“Kami mengusulkan ke Setneg proses bisnis diubah bahwa setiap tahun Setneg bersama Bekraf merancang strategi ingin menyampaikan apa, implementasi dimana maunya seperti apa dan apa yang ingin disampaikan ke semua pihak,” katanya kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2019) malam.

Karena salah satu sub sektor kreatif Bekraf adalah desain komunikasi visual, maka Bekraf memiliki mitra profesional ADGI.

Baca juga: 32 EWS Merapi Dibunyikan saat 17 Agustus, Warga Diimbau Tidak Panik

“Lalu kami meminta ke ADGI untuk open call ke anggota untuk mengusulkan rancangan. Jadi sejak perayaan 71-74 dirancang oleh ADGI,” katanya lagi.

Perancangan Identitas

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan ingin memberikan contoh tentang proses profesional ke lembaga-lembaga pemerintah lain terkait perancangan identitas.

“Jadi, kami ingin memberi contoh ke lembaga-lembaga pemerintah lainnya bagaimana proses profesional untuk perancangan identitas. Jadi bukan sekedar pembuatan logo, tapi penyampaian makna, sampai bagaimana implementasi ke berbagai medium,” imbuh dia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X