Memasuki Masa Sidang V, DPR Prioritaskan 4 Rancangan Undang-Undang

Kompas.com - 08/05/2019, 16:29 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat berpidato dalam Rapat Paripurna ke-16 pembukan Masa Persidangan V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat berpidato dalam Rapat Paripurna ke-16 pembukan Masa Persidangan V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo menyebutkan, ada 4 Rancangan Undang-Undang yang menjadi prioritas dalam pembahasan pada masa persidangan V ini.

Hal ini dia sampaikan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

"Untuk target legislasi, saya fokus di 4 RUU yang saya bacakan tadi," ujar Bambang usai rapat paripurna.

Ada pun, RUU yang dimaksud adalah RUU tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, RUU tentang Perkoperasian, RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dan RUU tentang Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Periode Masa Jabatan Akan Berakhir, Pimpinan DPR Ragu Target Prolegnas Tercapai

Masa sidang V akan berakhir pada 25 Juli 2019.

Bambang mengatakan, RUU lainnya akan dibahas pada masa sidang berikutnya. Salah satu RUU yang pasti berjalan adalah RKUHP.

"Tetapi kita memberikan waktu kepada UU tersebut agar mendapat masukan dari masyarakat, dari LSM, dari pihak-pihak terkait, stakeholder, agar bisa lebih sempurna," kata Bambang.

Sementara itu, Bambang menjamin anggota DPR tetap akan maksimal menjalankan tugasnya di sisa periode ini.

Baca juga: ICJR: Ada 9 RUU dalam Prolegnas 2019 yang Perlu Diawasi Ketat

Meskipun, beberapa di antara mereka ada yang tidak lolos lagi menjadi anggota DPR periode berikutnya.

"Berdasarkan pengalaman 2014, tidak menghambat kawan-kawan yang tidak jadi, tetap semangat. Dulu RUU juga banyak kita selesaikan di akhir 2014 dan banyak terlibat juga anggota-anggota yang tidak masuk DPR lagi. Tetapi mereka tetap semangat menyelesaikan RUU," ujar dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X