Pemuda Muhammadiyah Pastikan Netral di Pilpres 2019 - Kompas.com

Pemuda Muhammadiyah Pastikan Netral di Pilpres 2019

Kompas.com - 06/12/2018, 20:03 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto, di Jakarta, Kamis (6/12/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto, di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto memastikan organisasi yang dipimpinnya akan bersikap netral di pilpres 2019.

Pemuda Muhammadiyah tak akan berpihak ke pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin atau pun pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Secara pribadi, setiap kader pemuda muhammadiyah monggo. Tapi kalau secara organisasi tidak boleh," kata Sunanto di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Sunanto yang belum lama terpilih sebagai pucuk pimpinan Pemuda Muhammadiyah menggantikan Dahnil Anzar, juga tidak mau mengungkapkan pilihan politiknya ke publik.


Hal ini berbeda dengan Dahnil yang secara terbuka mendukung dan menjadi timses Prabowo-Sandi.

Baca juga: Buka Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Jusuf Kalla Sempat Sindir Dahnil Anzar

"Kita tidak dukung mendukung, jadi tetap di tengah. Pada siapapun untuk jelaskan visi misinya diberikan ruang yg sama. Soal pilihan, kader muhammadiyah sudah paham pedomannya," kata dia.

Pria yang akrab disapa Cak Nanto ini hanya mengimbau kepada para kader Pemuda Muhammadiyah untuk menghargai perbedaan pilihan politik.

Para kader diimbau tak boleh saling membenci, apalagi putus hubungan silaturahim.

"Kedua, jangan memaksakan kehendak. Ketiga, tidak boleh menggerakkan organisasi untuk dukung mendukung," ucap Sunanto.

Kompas TV Muktamar pemuda Muhammadiyah ke 17 Yogyakarta akhirnya memiliki kepemimpinan baru menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak. Ketua umum baru itu adalah Sunanto yang berhasil mengumpulkan sebanyak 590 suara dari total 1.200 suara pengurus se Indonesia.



PenulisIhsanuddin
EditorKrisiandi

Close Ads X