Jadi Saksi Sidang PK, Jusuf Kalla Berharap Hukuman Jero Wacik Diringankan - Kompas.com

Jadi Saksi Sidang PK, Jusuf Kalla Berharap Hukuman Jero Wacik Diringankan

Kompas.com - 13/08/2018, 11:39 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla, lega dengan pencapaian Inasgoc terkait sponsor untuk Asian Games 2018.
PERSIANA GALIH/JUARA.NET Wakil Presiden Jusuf Kalla, lega dengan pencapaian Inasgoc terkait sponsor untuk Asian Games 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi saksi dalam sidang permohonan peninjauan kembali yang diajukan mantan menteri Jero Wacik di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (13/8/2018).

Dalam persidangan, Kalla ditanya oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai harapannya bagi Jero. Kalla dengan tegas menjawab bahwa ia berharap hukuman Jero dapat diringankan.

"Meringankan hukuman Beliau (Jero), karena yang dituduhkan itu tidak lepas dari tugasnya baik langsung atau tidak langsung," ujar Kalla di Pengadilan Tipikor.

Baca juga: Jero Wacik Bantah Ikut Ajukan PK karena Artidjo Alkostar Pensiun dari MA

Kalla sebelumnya juga pernah bersaksi dalam sidang pokok perkara terhadap Jero Wacik di Pengadilan Tipikor beberapa tahun lalu. Keterangan Kalla dinilai dapat memperkuat permohonan Jero dalam mengajukan PK ke Mahkamah Agung.

Sebelumnya, Mahakamah Agung memperberat hukuman Jero Wacik dari empat menjadi delapan tahun penjara setelah mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan penuntut umum.

Jero juga diwajibkan membayar denda Rp300 juta subsider enam bulan kurungan.

Selain itu, hukuman tambahan berupa kewajiban mengembalikan kerugian keuangan negara sebesar Rp5.073.031.442 subsider 2 tahun penjara dibebankan kepada Jero.

Jero Wacik terbukti menyalahgunakan dana operasional selama menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata serta Menteri ESDM.

Kompas TV Namun, Presiden Joko Widodo belum mau menyebut siapa nama calon wakil presiden yang ia pilih.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X