Alasan Nasdem Rekrut Pedangdut hingga Bintang FTV Jadi Caleg - Kompas.com

Alasan Nasdem Rekrut Pedangdut hingga Bintang FTV Jadi Caleg

Kompas.com - 16/07/2018, 16:25 WIB
Caleg artis dari Partai Nasdem mendaftar ke KPU, Senin (16/7/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Caleg artis dari Partai Nasdem mendaftar ke KPU, Senin (16/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Nasdem merekrut sejumlah artis menjadi calon anggota legislatif ( caleg) untuk Pemilu 2019. Mulai dari penyanyi dangdut hingga bintang film televisi atau FTV, direkrut Partai Nasdem.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, artis merupakan salah satu cabang profesi seni yang juga membutuhkan saluran politik. Perwakilannya di legislatif dianggap tetap penting.

"(Tentu) Untuk mendukung profesi seni dan budaya," ujar Johnny di Kantor KPU, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Selain itu, Partai Nasdem tak memungkiri bahwa perekrutan artis sebagai caleg merupakan bagian dari strategi pemenangan. Hal itu menyusul adanya kekuatan popularitas yang dimiliki oleh para artis.

Baca juga: Jadi Caleg Nasdem, Tessa Kaunang Bicara Motivasi dan Mahar Politik

Meski begitu, Partai Nasdem juga mengaku berupaya untuk memberikan pendidikan politik kepada para calegnya tersebut.

Misalnya, kata dia, memberikan kuliah politik bela negara, bahkan kuliah politik tersebut juga akan melibatkan Presiden Joko Widodo sebagai pembicara.

"Kami yakin karena calon kompetitif, punya kompetensi dan integritas bagus, basis elektoralnya bagus dan berpotensi dikembangkan," kata dia.

Sebelumnya, Partai Nasdem menjadi partai pertama yang mendaftarkan calon anggota DPR ke Komisi Pemilihan Umum.

Baca juga: Bawa Sejumlah Artis, Nasdem jadi Parpol Pertama yang Daftarkan Caleg ke KPU

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para elite Partai Nasdem tiba di Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (16/7/2018) pukul 13.40 WIB.

Mereka di antaranya adalah Sekjen Partai Nasdem Johnny G Platte dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Effendy Choiri.

Hadir juga sejumlah caleg yang diusung Partai Nasdem. Beberapa di antaranya adalah para selebritas seperti pedangdut Kristina, artis Nafa Urbach, Tessa Kaunang, Wanda Hamidah, Krisna Mukti, hingga Firly Putra yang dikenal sebagai bintang FTV.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X