Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VIDEO: Ekspresi Datar Wajah Novanto Saat Tiba di Pengadilan Tipikor

Kompas.com - 13/12/2017, 10:15 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua nonaktif DPR Setya Novanto menghadapi sidang perdana sebagai terdakwa dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP pada hari ini, Rabu (13/12/2017).

Setya Novanto pun tiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta di Kemayoran, Jakarta Pusat, sekitar pukul 09.40 WIB. Dia datang dengan mengenakan rompi oranye, khas tahanan KPK.

Ketua Umum Partai Golkar itu langsung masuk ke dalam Pengadilan Tipikor, begitu turun dari mobil yang membawanya dari Rumah Tahanan KPK. Novanto terlihat dijaga ketat oleh polisi dan sejumlah petugas pengamanan.

Ekspresi pada wajah Setya Novanto terlihat datar. Tidak ada senyum yang mengembang saat ditanya sejumlah wartawan yang menunggunya sejak pagi.

Sebelumnya, pengacara Novanto, Firman Wijaya, menyatakan bahwa kondisi kesehatan kliennya memang tak menentu menjelang sidang perdana.

"Ya up and down-lah ya. Kita lihat saja nanti," kata Firman di Pengadilan Tipikor, pagi ini.

Kehadiran Setya Novanto sendiri dinantikan publik karena dapat menentukan nasibnya di "meja hijau".

Sebab, saat ini sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto juga masih berjalan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sejumlah ahli menyatakan bahwa praperadilan semestinya digugurkan begitu sidang dakwaan yang merupakan sidang pokok perkara dimulai.

(Baca juga: Digelar Bersamaan dengan Sidang Pokok Perkara, Praperadilan Novanto Akan Digugurkan?)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com