Kompas.com - 07/12/2017, 09:56 WIB
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi I DPR-RI Abdul Kharis Almasyhari, Wakil Ketua Komisi I DPR-RI TB Hasanuddin, dan beberapa anggota Komisi I pagi ini Kamis (7/12/2017) bertandang ke rumah Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU TNI) Hadi Tjahjanto, di Jalan Rajawali Timur, Komplek Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sejumlah anggota Komisi I DPR-RI yang turut hadir antara lain Bambang Wuryanto, Arwani Thomafi, Syaifullah Tamliha, Bobby Adhityo Rizaldi, Ahmad Sahroni, dan Nico Siahaan.

Kedatangan para anggota dewan ke kediaman calon Panglima TNI itu dalam rangka silaturahim dan makan pagi bersama. Pantauan Kompas.com, sejumlah anggota dewan mulai berdatangan di kediaman KSAU Hadi sejak pukul 08.00 wib, hingga jelang pukul 09.00 wib.

Baca juga : Jalan Mulus Hadi Tjahjanto Menjadi Panglima Terpilih

Belum ada keterangan yang disampaikan dari pejabat parlemen yang datang, adakah hal-hal penting yang juga akan dibahas dalam suasana kebersamaan pagi ini.

Kemarin Rabu (6/12/2017), Komisi I DPR-RI telah menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Keputusan itu diambil setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) selama kurang lebih 6 jam.

Proses uji kelayakan terhadap Hadi terbilang mulus. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, 10 fraksi menyatakan setuju dan tak ada yang memberi catatan.

Baca juga : Komisi I DPR Setujui Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Presiden Joko Widodo yakin Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mampu membawa institusi TNI menjadi lebih profesional.

Oleh sebab itu, ia tidak ragu memilih sosok KSAU TNI itu sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun, pada April 2018.

"Saya yakin beliau memiliki kemampuan dan kepemimpinan yang kuat dan bisa membawa TNI ke arah yang lebih profesional sesuai dengan jati dirinya, yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ujar Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Senin (4/12/2017).

Kompas TV Tugas Berat Panglima TNI di Tahun Politik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.