Kompas.com - 19/10/2017, 16:34 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto  saat ditemui usai menggelar rapat koordinasi tingkat menteri di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017). KOMPAS.com/Kristian ErdiantoMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto saat ditemui usai menggelar rapat koordinasi tingkat menteri di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) sudah melakukan 1.079 operasi tangkap tangan sejak dibentuk pada akhir Oktober 2016.

Data ini dipaparkan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan keamanan dalam jumpa pers tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

"Jadi ini bukan hanya kerugian negara, tapi kerugian masyarakat karena pungli juga harus kita tindak," kata Wiranto.

Wiranto mengatakan, kebanyakan operasi tangkap tangan yang dilakukan diawali dari adanya aduan masyarakat.

(baca: Kapolri: Setahun, Saber Pungli Gelar 1.076 OTT Senilai Rp 315 Miliar)

Hingga saat ini, sudah ada 32.808 aduan yang masuk. Sementara, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka sebanyak 2.152 orang.

Adapun dana yang berhasil diamankan sebesar Rp 315.623.205.500.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Masih sedikit ini Rp 315 Miliar karena pungli yang kecil-kecil kita sapu bersih juga," ucap Wiranto.

Wiranto menambahakan, dalam waktu setahun ini, Saber Pungli juga sudah membuka kantor perwakilan di setiap provinsi, kabupaten/kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.