Ridwan Kamil Usulkan Pemerintah Buat Terjemahan Pancasila dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 30/05/2016, 11:57 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memimpin rapat untuk peringatan hari besar Bung Karno di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (17/5/2016) KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIWali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memimpin rapat untuk peringatan hari besar Bung Karno di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (17/5/2016)
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengusulkan agar pemerintah membuat terjemahan resmi Pancasila ke dalam bahasa Inggris.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara utama di bedah buku di Gedung Perpustakaan Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/5/2016).

"Ya kalau bisa pembacaan Pancasila ada yang pakai bahasa Inggris supaya Pancasila itu bisa kita ceritakan ke orang luar," ujar Ridwan.

Ridwan mengatakan, usulnya ini becermin dari salah satu pidato Bung Karno di Amerika Serikat tentang Pancasila.


Menurut Ridwan, pemimpin negara-negara yang hadir memberikan sambutan luar biasa atas isi pidato itu.

"Orang-orang di dunia itu kan enggak tahu Pancasila apa. Bung Karno menerjemahkan dengan sederhana, believe in God, humanity, nationalism, democracy, dan social justice," ujar Ridwan Kamil alias Emil.

"Nah, kalau itu yang kita perkenalkan kepada orang bule, baru mereka ngeh, apa itu arti Pancasila. Buktinya setiap sila disebut, tepuk tangannya luar biasa," lanjut dia.

Meski demikian, Emil mengatakan, sosialisasi Pancasila kepada masyarakat di Tanah Air tetap perlu dilakukan, terutama kepada anak-anak muda.

"Kalau anak-anak muda sekarang sudah banyak ke Korean Pop, kita harus waspada. Kalau banyak pemerkosaan, kita juga harus waspada, apalagi kalau banyak ideologi yang kekiri-kirian atau kekanan-kananan. Ingat, Pancasila itu identitas kita," ujar Emil.

Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X