Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politisi Hanura Usul Tunjangan Anggota DPR Naik Sesuai Kinerja

Kompas.com - 22/09/2015, 21:37 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Fraksi Hanura Dadang Rusdiana mengatakan, kenaikan tunjangan bagi anggota dewan saat ini kurang tepat. Namun, jika memang ingin menaikkan tunjangan, jangan diberikan secara pukul rata.

"Berikan kenaikan tunjangan itu sesuai basis kinerja, yang sangat fair dan mendorong produktivitas," kata Dadang kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2015).

Menurut Dadang, jika kenaikan tunjangan berbasis kinerja, maka hal itu akan mendorong kinerja anggota dewan jadi lebih baik. Sebab, jika mereka ingin tunjangan yang diterima naik setiap bulan, maka mereka harus bekerja lebih keras.

Untuk penilaian, Dadang mengusulkan, agar basis kinerja yang digunakan sesuai dengan tiga fungsi yang melekat pada mereka yaitu, budgeting, legislasi, dan pengawasan. Semakin banyak kinerja yang dilakukan atau semakin banyak produk legislasi dihasilkan, kata dia, maka akan semakin banyak tunjangan yang diterima.

Hal yang sama juga berlaku sebaliknya, jika anggota dewan malas bekerja, maka tunjangan kerja yang diterima kecil.

"Jadi ibaratnya manajemen money follows function. Semakin banyak pengawasan, legislasi rapat pembuatan UU, maka tunjangan yang diterima semakin besar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com