Kompas.com - 16/01/2014, 18:51 WIB
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi berencana menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Gubernur Banten, Rano Karno hari Jumat (17/1/2014). Rencananya, Rano akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana korupsi sengketa perkara pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konsitusi.

"Memang benar besok ada jadwal untuk memeriksa Rano Karno sebagai saksi untuk tersangka TCW (Tubagus Chaeri Wardana) dan AM (Akil Mochtar)," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/1/2014).

KPK memanggil Rano karena dianggap mengetahui, mendengar, dan melihat sehingga dapat memberikan informasi terkait kasus tersebut. Johan juga mengatakan, KPK berharap Rano dapat memenuhi undangan pemeriksaan yang disampaikan lembaga antirasuah itu.

"Kami mengharapkan saksi yang diperiksa ya datang agar terang kasus yang sedang disidik penyidik KPK," imbuhnya.

Dalam kasus sengketa pilkada, Akil diduga tidak hanya menerima uang dalam perkara sengketa Pilkada di Lebak, Banten dan Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Akil juga disangka menerima gratifikasi atau pemberian hadiah terkait penanganan perkara lain di MK.

Sejauh ini, KPK pernah memeriksa diantaranya Ketua KPU Jawa Timur, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza terkait sengketa Pilkada Lampung Selatan. Sementara itu, KPK pertama kali menetapkan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan sebagai tersangka atas dugaan menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar terkait sengketa pilkada Lebak. Wawan kemudian ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi pengadaan alkes Tangsel dan Banten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.