Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brigjen (Pol) Didik Penuhi Panggilan Pemeriksaan KPK

Kompas.com - 02/11/2012, 10:23 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigadir Jenderal Polisi Didik Purnomo memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (2/11/2012). Didik akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi proyek simulator ujian surat izin mengemudi (SIM) Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo.

Didik tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, sekitar pukul 09.47 WIB dengan dikawal sejumlah petugas kepolisian. Ia tampak mengenakan jas hitam yang dipadu dengan kemeja biru muda. Jenderal bintang satu itu tidak berkomentar saat diberondong pertanyaan para wartawan. Selain Didik, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan ketua panitia proyek simulator SIM, AKBP Teddy Rusmawan. Adapun Teddy diketahui sudah tiba di Gedung KPK.

Dalam kasus dugaan korupsi simulator SIM ini, KPK menetapkan empat orang tersangka, yakni Djoko, Didik, dan dua pihak rekanan, yaitu Budi Susanto serta Sukotjo S Bambang. Mereka disangka melakukan tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan kewenangan mereka sehingga menimbulkan kerugian negara. Saat proyek simulator SIM berlangsung, Djoko menjabat Kepala Korlantas dan Didik menjabat Wakil Kepala Korlantas yang juga bertindak sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK).

Pada Kamis (1/11/2012) kemarin, KPK memeriksa Bendahara Korlantas Kompol Legimo. Seusai diperiksa sekitar delapan jam, Legimo mengaku ditanya penyidik KPK seputar sistem pembayaran. Selain Legimo, sedianya kemarin KPK memeriksa Budi. Namun, Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (PT CMMA) itu mangkir dari panggilan KPK. KPK mulai memeriksa tersangka kasus simulator selain Djoko Susilo setelah kepolisian menghentikan penanganan kasus tersebut. Kepolisian sebelumnya ikut aktif menyidik kasus ini dan sudah menetapkan lima tersangka. Tiga dari lima tersangka itu adalah orang yang sama dengan yang ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Baca juga:
KPK Cecar Komisaris Legimo Soal Sistem Pembayaran Simulator
4 Tahanan Simulator Polri Hirup Udara Bebas

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Dugaan Korupsi Korlantas Polri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com