Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jenasah Terduga Teroris Tiba di RS Polri

Kompas.com - 01/09/2012, 13:32 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua jenazah terduga teroris, Farhan dan Muksin, tiba di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (1/9/2012) sekitar pukul 12.00 WIB. Kedua jenazah tersebut dibawa dengan menggunakan ambulans disertai pengawalan aparat.

Tampak dua jenazah yang dimuat dalam kantong berwarna orange langsung dibawa masuk oleh petugas rumah sakit menuju kamar jenazah. Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri akan melakukan identifikasi terhadap keduanya, termasuk mencocokkan data antemortem (sebelum kematian) dan postmortem (setelah kematian).

Dari Solo, mobil jenazah itu dikawal enam orang aparat Den A Pelopor Satuan Brimob Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kapolsek Kramat Jati Komisaris Imran Gultom mengatakan, kamar jenazah RS Polri dijaga polisi gabungan Polsek Kramat Jati dan Polres Jakarta Timur.

"Dari kami ada 35 anggota, dari Polres ada 5," kata Imran.

Secara terpisah, Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, keduanya diduga berusia 19 tahun. Mereka diduga bagian dari jaringan teroris di Filipina.

"Mereka terlibat penyelundupan senjata api dari Fipina. Pelaku juga pernah menjalani pelatihan militer bergabung dengan kelompok Abu Sayyaf, grup di Mindanao, Filipina," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Anang Iskandar.

Kelompok ini kemudian masuk ke Indonesia dan melakukan aksi teror ke sejumlah pos kepolisian pada bulan Agustus 2012. Kelompok ini diduga bertanggung jawab atas serangkaian aksi teror di Solo selama bulan Agustus 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com