Kompas.com - 21/05/2012, 09:35 WIB
Penulis Suhartono
|
EditorDedi Muhtadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan anggota Panitia Khusus Bank Century DPR asal Fraksi Persatuan Keadilan Sejahtera, Muhammad Misbakhun, berpendapat, Komisi Pemberantasan Korupsi harus memprioritaskan kasus besar Bank Century dan tidak menomorduakannya.

"Bank Century adalah kasus besar yang tidak boleh ditenggelamkan dan dialihkan oleh kasus-kasus pemberantasan korupsi lainnya. Kasus tersebut harus tetap menjadi prioritas utama bagi KPK untuk segera dituntaskan," tutur Misbakhun, Senin (21/5/2012) di Jakarta.

Menurut Misbakhun, polisi dan kejaksaan tidak bisa diharapkan terlalu banyak dalam menangani penegakan hukum kasus Bank Century. Sebab, pihak-pihak yang diduga terlibat dalam kasus Bank Century adalah figur-figur penting yang masih duduk di dalam pemerintahan sekarang ini. "Di antaranya mantan Gubernur BI yang kini Wakil Presiden RI," ujar Misbakhun.

Oleh sebab itu, lanjut Misbakhun, KPK harus lebih maju dan memprioritaskan kasus Bank Century karena kasus Bank Century sudah melewati umur dua tahun di KPK dan seolah-olah ditenggelamkan oleh kasus korupsi yang baru.

"Janji ketua KPK dan pimpinan KPK yang lain dalam fit and proper test sebelumnya untuk segera menuntaskan kasus Bank Century harus segera direalisasikan dalam bentuk tindakan konkret di KPK dengan menaikkan status penyelidikannya menjadi penyidikan," papar Misbakhun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.