Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Ini Sering Hinggapi Calon Kepala BIN

Kompas.com - 18/10/2011, 12:27 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Apa keluhan penyakit yang kerap dirasakan calon Kepala Badan Intelijen Negara Letnan Jenderal TNI Marciano Norman? Ketika hal ini ditanyakan kepada Marciano jawabannya sungguh sederhana. "Flu," jawabnya seraya tersenyum kepada para wartawan yang menantinya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (18/10/2011).

Marciano berada di rumah sakit pemerintah guna menjalani pemeriksaan kesehatan setelah pada Senin didaulat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggantikan Jenderal Pol (Purn) Sutanto.

Marciano mengaku menjalani pemeriksaan kesehatan yang sama dengan para calon lainnya. Pemeriksaan kesehatan itu, kata Marciano, mencakup fisik dan jiwa. Mantan Pangdam Jaya ini mengaku menjalani pemeriksaan jantung, darah, hingga kejiwaan.

"500 pertanyaan," ujar Marciano ketika ditanya jumlah pertanyaan kejiwaan yang diajukan tim dokter RSPAD.

Marciano mengatakan, tes kejiwaan yang dijalani sama seperti tes yang ditempuh masyarakat umum. Tak ada pertanyaan khusus yang diajukan kepadanya.

Marciano adalah orang pertama yang selesai menjalani pemeriksaan kesehatan. Empat calon menteri lainnya yang masih menjalani pemeriksaan kesehatan adalah calon Menteri BUMN Dahlan Iskan, calon Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, calon Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, serta calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com