Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irwandi Yusuf: Investasi Manusia

Kompas.com - 27/07/2011, 21:56 WIB

KOMPAS.com — Menjelang hari ulang tahun ke-51 pada 2 Agustus nanti, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Kepemimpinan dan Pembangunan Pendidikan dari Universitas Pendidikan Sulthan Idris di Perak, Malaysia, Selasa (26/7/2011).

Irwandi dinilai berhasil membangun kembali Aceh dan dunia pendidikan lokal pascakonflik dan bencana tsunami. Bagaimana rasanya menerima gelar kehormatan ini?

"Rasanya biasa saja, sama seperti sebelumnya. Tetapi, bagaimanapun, saya pastilah berterima kasih kepada Universiti Pendidikan Sulthan Idris yang telah memberikan penghargaan ini. Paling tidak, efeknya terhadap saya adalah saya harus terus mengembangkan dunia pendidikan dan teknologi di Aceh," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/7/2011).

Irwandi membentuk Komisi Beasiswa Aceh yang membiayai putra-putri Aceh menempuh program master (S-2) dan doktoral (S-3) ke Eropa, Australia, Amerika, dan Timur Tengah.

Menurut Irwandi, program investasi sumber daya manusia yang dibiayai Pemerintah Provinsi Aceh ini memberangkatkan ratusan pelajar Aceh belajar ke universitas-universitas terkemuka di dunia setiap tahun.

"Kami perkirakan, Aceh akan memiliki sedikitnya 2.000 doktor dari berbagai disiplin ilmu pada tahun 2020 yang akan menjalankan pembangunan Aceh ke depan. Termasuk memanfaatkan sumber daya alam guna meningkatkan kesejahteraan dan keadilan bagi rakyat," kata pria, yang terkenal dengan nama Teungku Agam saat konflik mendera Aceh, ini optimistis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com