Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Janji Jamin Kebebasan Pers

Kompas.com - 23/06/2009, 00:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-- Capres Jusuf Kalla berjanji akan menjamin adanya kebebasan pers bila terpilih menjadi Presiden 2009-2014 nanti. Janji tersebut disampaikan JK di sela dialog capres, Senin ( 22/6 ).

 

"Kami kalau memegang amanah ini akan membawa kebebasan pers ini. Tanpa media, siapa yang bisa balancing pemerintahan," kata JK, di sela dialogh capres, di Gedung TVRI, Jakarta, Senin ( 22/6 ).

 

JK menjelaskan pascareformasi ada tiga hal pokok yang melengkapi tatanan pemerintahan Indonesia. Yakni, dari otoriter menjadi demokratis, dari sentral menjadi otonomi, dan adanya kebebasan pers. Karena itu, kebebasan pers dianggap sebagai salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari tatanan pemerintahan sejak masa reformasi 10 tahun yang lalu.

 

"Kebebasan pers ini menjadi suatu hal yang mendasar. Tidak dapat ditarik dari tatanan pemerintahan," ujarnya.

 

Lebih jauh JK bahkan berani menjamin bahwa tidak akan ada lagi wartawan yang dikriminalkan bila dirinya terpilih menjadi Presiden nanti. Asalkan, lanjutnya, kebebasan pers tetap memegang teguh kode etik dan profesionalisme jurnalistik.

 

"Saya tidak bisa menjamin wartawan tidak akan dikriminalkan nanti. Kalau wartawannya membunuh bagaimana? Tetapi saya jamin tidak ada yang dikriminalkan asalkan wartawan menulis sesuai etika dan profesionalismenya," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com