Salin Artikel

TNI Ungkap Jenazah Danramil Aradide Dibawa ke Rumah Duka di Nabire

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Nugraha Gumilar, menyebut bahwa pembunuhan terhadap Oktovianus dilakukan secara keji.

"Diserang dan ditembak oleh gerombolan OPM, secara keji pasca-ditembak kemudian diparang di bagian kepala dan tangan," ujar Nugraha kepada Kompas.com, Jumat (14/2/2024).

Dia juga mengatakan, tindakan keji itu telah mencederai upaya untuk menciptakan perdamaian dan kedamaian serta percepatan pembangunan di Papua.

Lebih lanjut, Nugraha mengatakan, evakuasi jenazah telah dilakukan. Kemudian, pemulasaraan jenazah juga sudah dilakukan di RSUD Paniai.

Selanjutnya, jenazah Oktovianus dalam perjalanan lewat jalur darat menuju Nabire untuk disemayamkan di rumah keluarga.

Nugraha mengatakan, saat ini TNI dan Polri terus berupaya memburu pelaku.

Diberitakan sebelumnya, Oktovianus ditemukan tewas di ruas Jalan Trans Enarotali-Aradide, Kampung Pasir Putih, Distrik Eladide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah pada Kamis (11/4/2024) siang.

"Para pelaku penyerangan dan penembakan ini adalah gerombolan OPM," kata Candra ketika dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (12/4/2024).

Menurut dia, kejadian ini bermula saat Oktovianus keluar dari Markas Koramil 1703-4/Aradide sore hari Rabu (10/4/2024), tetapi ditunggu sampai Kamis pagi tidak kembali.

Kemudian, dilakukan pencarian dan akhirnya Oktovianus ditemukan dalam keadaan meninggal dunia karena diserang dan ditembak oleh OPM.

"Saat ini jenazah almarhum akan dievakuasi ke Enarotali, kemudian dibawa ke Nabire," ujar Candra.

Sebelumnya, diberitakan Antaranews, pada Kamis pukul 09.00 WIT, masyarakat melaporkan ditemukannya jenazah Oktovianus di ruas jalan Trans Enarotali-Aradide.

Pada jasadnya ditemukan luka robek akibat senjata tajam pada bagian kepala belakang. Sepeda motor yang digunakan korban tidak ditemukan di lokasi kejadian.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/12/16415691/tni-ungkap-jenazah-danramil-aradide-dibawa-ke-rumah-duka-di-nabire

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke