Salin Artikel

Janji-janji Prabowo-Gibran di Isu Pertahanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga calon presiden (capres) akan tampil adu gagasan dalam debat ketiga Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, Minggu (7/1/2024). Ketiganya yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Debat ketiga ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, globalisasi, hubungan internasional, geopolitik, dan politik luar negeri.

Ketiga capres sebelumnya telah mempublikasikan visi, misi, dan program masing-masing. Tema pertahanan, keamanan, globalisasi, hubungan internasional, geopolitik, dan politik luar negeri turut disinggung dalam dokumen visi, misi, dan program Anies, Prabowo, maupun Ganjar.

Dalam bidang ini, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mengusung misi, “Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru”.

Misi tersebut merupakan salah satu dari 17 program prioritas Prabowo-Gibran, yakni “Penguatan pertahanan dan keamanan negara dan pemeliharaan hubungan internasional yang kondusif”.

Secara rinci, misi Prabowo-Gibran dalam bidang pertahanan, keamanan, globalisasi, hubungan internasional, geopolitik, dan politik luar negeri diturunkan menjadi sejumlah program berikut:

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/06/06300091/janji-janji-prabowo-gibran-di-isu-pertahanan-hubungan-internasional-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke