Salin Artikel

Tak Hanya Gajah, Jokowi Minta Ada Terowongan Pelintasan Harimau dan Banteng

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta adanya terowongan pelintasan bagi satwa-satwa liar di jalan tol agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu habitat mereka.

Jokowi mengatakan, terowongan pelintasan gajah seperti yang ada di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai mesti dibangun di tempat-tempat lain yang menjadi habitat satwa dilindungi.

"Di tempat lain, misalnya harus melintasi lintasan harimau, ya harus ada terowongan untuk menjaga agar lintasan hewan-hewan liar itu bisa berjalan dengan apa adanya," kata Jokowi, Kamis (5/1/2023).

"Lintasan harimau, lintasan banteng, saya kira di beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut," imbuh dia.

Mantan Wali Kota Solo itu menekankan, pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus memperhatikan lingkungan.

Jokowi menyebutkan, hal itulah yang membuat adanya terowongan lintasan gajah sebanyak 6 titik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

"(Pembangunan infrastruktur harus) tetap menjaga kelestarian lingkungan dan satwa liar," ujar Jokowi.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman S.Hasibuan menjelaskan, terowongan gajah itu dibangun karena ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai yang telah membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten dengan total populasi gajah sebanyak 76 ekor.

“Sebagai adaptasi dari pembangunan jalan tol ini terhadap keberadaan gajah di lokasi ini, maka kami dari Balai Besar KSDA Riau bekerja sama bersama Hutama Karya untuk membuat terowongan gajah sehingga gajah itu pergerakannya tidak terganggu,” kata dia.

https://nasional.kompas.com/read/2023/01/05/13394721/tak-hanya-gajah-jokowi-minta-ada-terowongan-pelintasan-harimau-dan-banteng

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke