Salin Artikel

Gelar Posyandu Lansia di Pasar Rebo, Kemensos Ingin Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia

KOMPAS.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam berbagai kesempatan mengatakan, pihaknya terus berupaya memastikan kualitas hidup lanjut usia (lansia), termasuk kondisi kesehatan mereka.

Sebab, kesehatan menjadi landasan penguatan kualitas dan produktivitas lansia. Dengan demikian, lansia yang kualitas kesehatannya terjaga dan tetap produktif menjadi aset penting bagi negara.

Oleh karenanya, Kementerian Sosial (Kemensos) terus memperkuat upaya pemenuhan layanan dan dukungan kepada lansia, salah satunya melalui unit pelayanan teknis (UPT) untuk mendukung  kesehatan lansia.

Paling anyar, Kemensos melalui UPT Sentra Mulya Jaya Jakarta menyelenggarakan Posyandu Lansia di Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) (SKA) Mulya Jaya di Jalan Tat Twam Asi, Komplek Depsos, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2022).

Kepala Sentra Mulya Jaya Adrianus Alla menjelaskan, layanan Posyandu Lansia rutin diberikan sebulan sekali kepada para lansia yang tinggal di lingkungan sentra.

"Kegiatan Posyandu Lansia ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Kamis pada pekan kedua per bulan. Dengan Posyandu Lansia, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan taraf hidup Lansia menjadi lebih baik,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Adrianus menjelaskan, lansia mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Posyandu Lansia, seperti tensi darah, gula darah, asam urat, kolesterol, dan pengukuran berat badan lansia.

Apabila terdapat lansia yang memerlukan pemeriksaan kesehatan lanjutan, pihaknya akan memfasilitasi akses ke rumah sakit terdekat.

“Para lansia juga diberikan tambahan nutrisi berupa buah-buahan dan makanan,” katanya.

Ketua Rukun Warga (RW) 02 Komplek Depsos Nunuk Yulianti mengatakan, selain bermanfaat bagi lansia, layanan tersebut juga dirasakan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Kami sangat senang karena Sentra Mulya Jaya telah memfasilitasi para Lansia di RW 02, khususnya untuk meningkatkan kesehatan mereka," katanya.

Adapun Sentra Mulya Jaya telah melakukan asesmen Lansia kepada 271 orang yang tersebar di 10 RT di RW 02. Sebanyak 122 orang masuk dalam prioritas layanan berdasarkan keadaan sosial ekonomi lansia.

Posyandu Lansia diselenggarakan berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 7 Tahun 2021 tentang Atensi mengenai Posyandu Lansia.

Kemensos melalui Sentra Mulya di Jakarta telah membentuk Posyandu Lansia di wilayah RW 02 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur sejak 25 November 2021.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan pihak RT, RW, Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Gedong, dan Puskesmas Kelurahan Gedong.

https://nasional.kompas.com/read/2022/06/14/11160181/gelar-posyandu-lansia-di-pasar-rebo-kemensos-ingin-tingkatkan-kualitas-hidup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke