Salin Artikel

TNI AL Upayakan Kehadiran Unsur Operasi di Area Rawan

Hal itu menjadi salah satu poin penekanan dalam Rapat Koordinasi Operasi (Rakor Ops) TNI AL Tahun 2022 yang dibuka Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops KSAL) Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (9/3/2022).

“Forum Rakor Ops TNI AL ini dilaksanakan untuk menyampaikan kebijakan dan penekanan pemimpin TNI AL terutama di bidang operasi dan latihan,” kata Dadi dalam keterangan tertulis, Rabu sore.

Sebelumnya, dalam Rapim TNI AL Tahun 2022, KSAL Laksamana Yudo Margono juga menekankan agar TNI AL memfokuskan gelar kekuatan di daerah rawan dan strategis.

Di samping itu juga mendorong pelaksanaan latihan secara bertahap, berkelanjutan dan mampu mendukung keberhasilan operasi.

Menindaklanjuti penekanan tersebut, Rakor Ops TNI AL Tahun 2022 juga membahas mengenai tuntutan agar para perwira TNI AL khususnya Komandan Kapal Perang Republik Indonesia mengerti dan memahami aturan perundang-undangan atau hukum laut internasional maupun nasional.

Antara lain United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982, aturan Rule of Engagement (ROE), hak lintas, aturan-aturan di Traffic Separation Scheme (TSS), serta aturan-aturan di alur laut kepulauan Indonesia (ALKI).

Dadi mengatakan, pemahaman tersebut bertujuan agar dapat melaksanakan tugas-tugas secara baik dan menghindari kesalahan dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

https://nasional.kompas.com/read/2022/03/09/16443131/tni-al-upayakan-kehadiran-unsur-operasi-di-area-rawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke