Salin Artikel

Komisi I Gelar RDPU dengan Calon Panglima TNI pada 6 November

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi I DPR memutuskan, rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Jenderal TNI Andika Perkasa selaku calon panglima TNI akan digelar pada Sabtu (6/11/2021).

"RDPU dengan calon Panglima TNI dilakukan Sabtu, 6 November pukul 10.00. Sifat terbuka untuk visi misi, kecuali untuk hal-hal strategis. Kehadiran fisik," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Adapun rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FPT) calon panglima TNI dimulai pada Jumat (5/11/2021) siang dengan verifikasi kelengkapan dokumen calon.

Dokumen-dokumen yang akan diverifikasi adalah bukti penyerahan Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara ke KPK, Nomor Pokok Wajib Pajak, SPT pajak tahun terakhir, daftar riwayat hidup, serta surat keterangan berbadan sehat.

Meutya menuturkan, setelah FPT selesai nanti, Komisi I DPR akan menggelar rapat internal untuk pemberian persetujuan pada Sabtu siang pukul 13.00 WIB.

"Selanjutnya diserahkan kembali kepada Pimpinan DPR direncanakan dapat diparipurnakan Senin tanggal 8 November," kata politisi Partai Golkar itu.

Terpisah, anggota Komisi I DPR Boby Adhityo Rizaldi menjelaskan, FPT diputuskan digelar pada Sabtu karena hingga kini Komisi I DPR belum menerima surat penugasan dari Badan Musyawarah (Bamus) untuk menyelenggarakan FPT.

Menurut Bobby, dengan menjadwalkan FPT pada hari Sabtu, maka masih ada waktu bagi Komisi I DPR untuk menunggu adanya surat dari Bamus.

"Kalau sudah dijadwalkan ada ternyata suratnya belum, itu kan satu hari kan anggota menunggu jadi tidak ada kejelasan. Tapi kalau hari Sabtu itu dipastikan proses pertama penugasan dari Bamus itu sudah terima lantas verifikasi dokumen itu sudah selesai semua," kata Bobby.

Jadwal pelaksanaan RDPU calon panglima TNI diputuskan setelah Komisi I DPR menggelar rapat internal pada Kamis siang hingga sore.

Diketahui, DPR menerima surat presiden mengenai calon panglima TNI dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Rabu (3/11/2021) kemarin.

"Pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/04/17010231/komisi-i-gelar-rdpu-dengan-calon-panglima-tni-pada-6-november

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke