Salin Artikel

Akses ke Modal Besar Jadi Tantangan Pengusaha Perempuan di Sektor Ekspor

Sulitnya akses mendapatkan modal besar itu menyebabkan perempuan pengusaha kesulitan pula mengembangkan bisnisnya.

“Perempuan yang menjalankan bisnis di tingkat mikro merasa sulit untuk mendapatkan akses ke modal yang lebih besar. Ini membuat mereka sulit untuk mengembangkan bisnis mereka secara signifikan," kata Frida di acara webinar bertajuk 'Export to Face the Global SME Challenge' (AWEN), dikutip dari siaran pers, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, kata dia, akses informasi yang terbatas juga mempengaruhi keberhasilan mereka dalam menjalankan bisnis usah mikro kecil menengah (UMKM).

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mendorong UMKM yang berorientasi eskpor melalui dua program utama.

Pertama, Program Pelatihan Ekspor atau Export Coaching Program (ECP) yakni program bantuan ekspor bagi pelaku bisnis untuk setahun.

Kedua, program bantuan desain dan sertifikasi.

"Program-program tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pengusaha perempuan dalam meningkatkan kapasitas dalam sektor perdagangan global," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) juga mendorong akses perempuan dalam sektor ekspor perdagangan dengan membuka lebar pengetahuan dan kerja sama internasional.

Menurut dia, hal tersebut penting dilakukan agar perempuan bisa berpartisipasi dalam sektor ekonomi sehingga berperan dalam pendapatan nasional.

“Perdagangan internasional mempengaruhi perempuan dalam perannya sebagai konsumen, pekerja, pemilik usaha dan pelaku ekspor-impor. Semakin banyak perempuan berpartisipasi dalam sektor ekonomi, semakin besar kontribusi mereka terhadap pendapatan nasional," ujar Bintang.

Menurut dia, peran serta perempuan dalam sektor ekspor perdagangan akan memberikan dampak positif terhadap beberapa hal.

Mulai dari peningkatan indeks pembangunan manusia, indeks pembangunan gender, hingga indeks pemberdayaan gender.

https://nasional.kompas.com/read/2021/10/07/17242291/akses-ke-modal-besar-jadi-tantangan-pengusaha-perempuan-di-sektor-ekspor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke